pembuatan keripik rebung

  1. A. JUDUL PROGRAM

Pada kegiatan Program Kreatifitas Mahasiswa yang akan diikuti saat ini mengambil judul CEMILAN KAYA SERAT KRIPIK REBUNG, yang akan diuraikan secara jelas pada penjelasan berikutnya.

  1. B. LATAR BELAKANG MASALAH

Rebung merupakan tunas muda tanaman jambu yang muncul dipermukaan dasar rumpun. Rebung tumbuh dibagian pangkal rumbung bambu dan biasanya dipenuhi oleh glugut (rambut bambu) yang gatal. Rebung merupakan salah satu jenis tumbuhan yang dapat diolah menjadi bahan makanan salah satu hasil pengolahan tumbuhan rebung adalah sayur rebung. Tidak semua jenis rebung dapat dimanfaatkan menjadi bahan makanan jenis rebung yang tidak dapat dijadikan sebagai bahan makanan adalah rebung dari bambu jenis apus, rebung dari bambu ini berasa pahit. Sedangkan jenis rebung yang bias dimanfaatkan adalah dari jenis bambu kuning, rampal, ori dan ater. Jenis bambu yang menghasilkan rebung yang enak adalah bambu betung, rebung betung berwarna merah cokelat dan subang pada ujung rebung berwarna ungu.

Manfaat utama dari tanaman rebung adalah mengandung kaya serat. Serat sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. Untuk itulah, kita sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi serat yang cukup setiap harinya. Dari uraian tersebur dalam penelitian ini tim kami akan mengimplementasikan tanaman rebung sebagai bahan cemilan yang kaya akan serat. Dalam penelitian ini diharapakan nilai ekonomis dari tanaman rebung dapat ditingkatkan sehingga para masyarakat dipedesaan dapat memanfaatkan tanaman rebung sebagai industri yang menghasilkan nilai ekonomis di kawasan pedesaan.

  1. C. PERUMUSAN MASALAH

Dalam melakukan penelitian mengenai cemilan kaya serat keripik rebung ada beberapa perumusan masalah yang diterapkan agar penelitian dapat dilakukan dan menghasilkan produk yang diharapkan. Adapaun perumusan masalah yang diterapkan adalah sebagai berikut :

  1. Bagaimana memilih jenis rebung yang baik dan dapat dijadikan sebagai bahan makanan.
  2. Bagaimana cara mengolah rebung sehingga dapat dijadikan produk makanan yaitu keripik rebung.
  3. Bagaimana cara memasarkan produk kripik rebung agar dapat dikenal masyarakat luas.
  4. D. TUJUAN PROGRAM

Dalam melakukan sebuah penelitian, hasil akhirnya diharapkan mampu memberikan kontribusi positif  berupa hasil produk keripik rebung dan mampu mengakat nilai ekonomis tanaman rebung sehingga masyarakat dipedesaan dapat memanfaatkan tanaman rebung sebagai hasil produk industri yang dapat membantu perekonomian masyarakat. Adapun manfaat dari hasil karya penelitian ini diharapkan penerapannya oleh:

  1. Masyarakat pedesaan

Dari hasil penelitian ini diharapakan dapat dijadikan sebagai pedoman bagi masyarakat pedesaan agar dapat mengelola dan membudidayakan tanaman rebung sebagai suatu hasil produksi.

Keluran yang

 

 

 

 

 

 

About these ads

About vickal13

sederhana, apa adanya, ramah, suka bercanda.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s